Skip to content

Itinerary Turki dan Budget untuk Trip 11 Hari

Itinerary Turki beserta budget yang dikeluarkan selama traveling adalah pertanyaan yang paling sering muncul dari banyak orang. Sebenarnya besarnya budget yang harus dikeluarkan bergantung ke preferensi masing-masing orang mau ambil model trip yang seperti apa dan nilai tukar yang berlaku saat itu. Tapi semoga tulisan ini bisa kasih gambaran buat yang mau menikmati negara Eurasia satu ini dalam waktu dekat ini. Yok, kita mulai bedah satu-satu!

Sedikit cerita, dari awal aku dan Sasnita ngga mau ikut group tour karena sengaja pengen yang lebih nyantai dan ambil tempat-tempat yang memang kami mau. Secara garis besar, kalau ambil tour bisa dibilang cukup murah sekitar IDR 10 juta untuk 10 hari. Tapi ternyata ini termasuk flight pulang pergi jadi full jalan-jalannya di Turki cuma sekitar 8 hari doang. Harga ini belum termasuk atraksi seperti balon udara di Cappadocia dan karantina. Akhirnya, aku coba pelajari itinerary Turki dari beberapa tour dan kurang lebih destinasi dan rute mereka sama. Dari situ aku ambil yang memang menarik dan sesuai dengan kemauan kami.

Oiya, sebelum lebih jauh, aku mau sharing sedikit ketika aku ke Turki aku internetan pakai Global Wifi dari JavaMifi. Alasan aku memilih JavaMifi dibanding menggunakan roaming yaitu karena roaming di Turki sangat mahal sekali. Jadi, aku memutuskan untuk menggunakan JavaMifi. Selain harganya murah dibanding roaming, internetnya juga simple karena wifi nya langsung online saat landing, udah gitu wifinya super kenceng sih jadi aku nyaman selama liburan di luar negeri. Aku order di Ecommerce JavaMifi, tapi kamu bisa langsung order juga di Website JavaMifi lho, dan buat kamu yang lagi buru buru cari wifi untuk ke luar negeri kamu bisa order dadakan di Bandara Soetta Terminal 3 Island A. Semoga membantu ya, guys!

Lanjut ke proses bikin itinerary, dari sekitar Oktober sampai Desember, aku sempat buat itinerary Turki dari A sampai E, yang seriously ini capek banget. Bukan hanya harus menentukan destinasi wisata, tapi mempertimbangkan transportasi dan cari informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang belum pernah aku datangi. Termasuk cari internet yang paling aman buat di Turki. Akhirnya, hari terakhir sebelum booking hotel dan siapin semua dokumen, kami mantap mengunjungi lima provinsi yaitu Nevsehir, Ankara, Izmir, Bursa, dan Istanbul.

itinerary turki

Kalau sebagian besar orang memilih Istanbul sebagai tempat tujuan pertama ketika sampai di Turki, kami justru sebaliknya. Pertimbangan utama menurutku adalah lebih menghemat budget. Bentar, aku mulai dari tiket pesawat dulu deh. Dari Jakarta ke Istanbul, kami kemarin dapat tiket promo Emirates PP dan transit Dubai. Kalau ngga salah, setelah dapat tiket ini, ada promo juga dari Turkish Airlines dengan harga yang ngga beda jauh, tapi direct ke Istanbul.

Baca Juga: Salah Satu Hal Seru di Cappadocia

flight meals

Setelah itu, dari Istanbul kami langsung ambil flight lanjutan ke Nevsehir, bandara terdekat dari Goreme (Cappadocia). Ada satu lagi bandara yang bisa jadi pilihan yaitu Kayseri, tapi harganya lebih mahal dan jaraknya lebih jauh. Kenapa ngga keliling Istanbul dulu? Nah, kalau begini artinya kami akan keliling Istanbul dua kali, di awal dan akhir karena tiket pesawat pulang juga dari Istanbul. Kalau kami pakai transportasi bus dari Istanbul ke Nevsehir, jaraknya jauh banget dan habisin waktu di jalan. Kalau ambil pesawat, itu artinya kami harus bolak balik ke bandara Istanbul dari kota yang harganya sama mahal dan jauh.

Pre-departure dan Nevsehir (Cappadocia)
    6 – 9 Januari 2022
    Bus Kamilkoc Goreme – Ankara₤120132.000
    Makan 2 hari untuk 2 orang 347.000
    Total8.303.000

Rasanya ada yang kurang ngga, sih, kalau ke Turki tapi ngga mampir ke ibukotanya? Makanya kota kedua yang jadi pemberhentian adalah Ankara. Kami memilih untuk naik bus dari terminal Goreme karena jaraknya deket banget dari hotel. Total perjalanan sekitar 5 jam dan busnya enak, guys. Di perjalanan nanti akan dapat snack dan minum, kok. Kami singgah di Ankara 2 malam karena tujuan utamanya ngga begitu banyak.

Baca Juga Tentang Vibes Ankara

Makan 2 hari untuk 2 orang₤266293.000
    Taxi Hotel – Bandara Ankara₤175192.500
    Total1.545.000

Provinsi selanjutnya yang jadi tujuan adalah İzmir, lebih tepatnya kami akan melipir ke Selçuk untuk mengunjungi salah satu kota Romawi kuno Ephesus. To be honest, tempat ini sempat menjadi perdebatan batin antara iya dan ngga. Alasan pertamanya adalah lokasinya yang agak jauh dari bandara İzmir, tempat kami tiba. Sedangkan saat itu aku merasa amat susah cari informasi transportasi di sini. Kalaupun harus ikut tur harganya mahal banget dan harus stay semalam. Ohya, kalau ambil tur Izmir/Selcuk bukan cuma ke Ephesus tapi juga ke destinasi lainnya. Akhirnya karena penasaran dan sayang banget kalau ngga dikunjungin, kami memutuskan berangkat pagi-pagi dari Ankara dengan pesawat dan langsung menuju kota selanjutnya di malam harinya.

Kalau kamu ikutin storyku di IG, tempat ini adalah lokasi aku panen jeruk yang menggoda itu. Psst… kalau ikutan tour, kamu ngga bisa ngerasain panen kaya aku kemarin, lho! Wkwkwk!

Jangan Lewatkan Kenapa Selcuk Wajib Masuk List

Makan dan nongki untuk 2 orang₤207228.000
    Bus Kale Seyahat Selçuk – Bursa 135.000
    Total605.000

Kota selanjutnya yang jadi tujuan utama kami adalah Bursa karena di sini kami akan main salju hurraaay! Menurutku tempat ini yang paling ideal buat jadi transit sebelum kami menuju Istanbul. Kalau dilihat di peta, dibandingkan dengan Ankara/Izmir tentu saja jaraknya lebih dekat. Kalau naik pesawat dari ketiga kota pilihan tadi, ongkosnya selangit, Bund! Sedangkan kalau naik bus, tentu Bursa pilihan yang paling ideal dari segi waktu dan harga.

Setelah 6 jam lebih perjalanan malam dengan bus dari Selçuk, kami tiba di Bursa dini hari. Sengaja kami ambil perjalanan malam, biar waktu yang lama ini bisa dipake buat tidur di jalan. Beruntungnya, terminal Bursa cukup besar jadi bisa buat istirahat sebentar.

Don’t Miss This: Wajib Lakukan Ini Kalau ke Bursa

Taxi Hotel – terminal Bursa₤6066.000
    Bus Uludag Bursa – Istanbul₤9099.000
    Total1.230.000

Tempat terakhir dan sudah pasti dikunjungin adalah Istanbul. Dari Bursa kami mengambil tiket bus sekitar jam 11 pagi. Dari informasi di website, perjalanannya akan sekitar 3 jam, tapi ternyata rute yang harus dilewati muter jauh banget jadi kami baru tiba di Istanbul 5 jam setelahnya. Kami ngga begitu berambisi buat keliling Istanbul dan kunjungi banyak tempat. Alasannya, karena tempat terakhir jadi mau nyantai dan waktu kami lumayan kepotong karena harus cari oleh-oleh buat orang rumah, biar ngga jadi anak durhaka, guys! Sekarang setelah diinget-inget lagi lumayan nyesel karena ngga sempetin waktu ke tempat-tempat lainnya hikseu.

Sekelumit Kisah Tentang Istanbul

Istanbul2.486.000
    Total14.169.000
    Total setelah
    share cost hotel, makan, dan taxi
    11.200.000

Notes

• Exchange rate Lira dikalikan IDR 1.100 (pembulatan ke bawah)
    • Exchange rate Euro dikalikan IDR 16.000 (pembulatan ke bawah)
    • Beberapa harga total dibulatkan biar enak hitungannya
    • Pembayaran pakai credit card atau gesek lebih mahal dibanding exchange rate dari Google

Wow, kalau ditotal gini jadi banyak juga, ya, apalagi itu belum termasuk harga hotel untuk karantina. Pengeluaran itu masih belom termasuk kalau beli oleh-oleh dan beberapa fee admin dan exchange rate yang lebih besar dari yang aku tulis (ini serius lumayan banyak bisa sampai IDR 500.000).

Well, sebenernya kalau diliat ulang, banyak pengeluaran yang masih bisa dipangkas. Ini lagi-lagi balik ke preferensi masing-masing mau dihemat di bagian yang mana. Contohnya dari segi transport, makan, atraksi wisata, atau penginapan. Sedikit excuse, kami banyak pergi pakai taksi karena kebetulan pas musim dingin di sana. Jadi sebagai warga tropis, kami ngga sanggup harus geret dan gendong barang bawaan di tengah udara yang menusuk kulit, tulang dan sampai ke dalam batin *abaikan.

Dengan harga yang ngga beda jauh dari group tour, aku ngerasa capek buat siapin itinerary Turki ini terbayarkan. Selama trip kami amat sangat nyantai dan fleksibel ngatur waktu. Bahkan beberapa kali ngerasa jadi akamsi alias anak kampung sini, atau kaya warga Turki saking santainya jalan-jalan di sekitaran kota. Dan juga karena di musim dingin banyak tempat yang tutup lebih awal, jadi waktu untuk pergi malam-malam besar kemungkinan tidak bisa dilakukan. Paling bener ya duduk anteng dalam kamar sambil nonton. Trip kali ini amat sangat mendukung jiwa dan raga si jompo yang udah lama ngga keluar rumah ehehhe.

The last thing …

Okedeh, karena tulisan itinerary Turki ini udah panjang banget, cerita soal tips buat hemat makan, transport, dan hotel dilanjut terpisah, ya.

Cek juga Persiapan Sebelum Berangkat ke Turki

Bagian terakhir yang bisa aku bagikan adalah, usahain jangan pergi sendirian. Bukan cuma karena share cost hotel dll, tapi juga karena harga karantina antara sendirian dan berdua beda jauh banget. Beruntung yang udah punya suami jadi bisa dibayarin sekalian. Nah, kalau yang baca ini pak suaminya yaaa tinggal dikali jumlah anggota keluarganya, yak! Inget, jangan jadi Mas Aris yang malah ajakin yang laen ehehehe~

Lemme tell you, ngga harus jadi kaya raya dulu, kok, kalau mau traveling jauh ke luar negeri. Selama bisa ngakalin dan mau cari informasi, selalu ada jalan ninja untuk bisa hemat budget!

Semangat cuan dan nabung!

Cek itinerary kegiatan detail di sini!

49 thoughts on “Itinerary Turki dan Budget untuk Trip 11 Hari”

1. Pingback: Traveling ke Turki di Masa Pandemi – aymentari

2. Pingback: Transportasi Turki yang Murah dan Bisa Diandalkan – aymentari

3. Hai, Kak Ayu. Salam kenal. Aku rencana mau ke turki akhir thn. Kak Ayu, pas ke sana ada beli asuransi perjalanan utk cover covid kah ? Aku baca masih wajib asuransi ya? Kalau ada, boleh tanya Kakak belinya di mana ? Terima kasih sebelumnya, Kak Ayu.

1. hello, maaf banget ya, baru buka komen km. kemarin pas ke sana ak ngga pake asuransi perjalanan, sih. dan ngga ditanya sama sekali baik di imigrasi manapun. sorry, ak ga bisa kasih infonya ehehe

4. Pingback: Dua Manusia Tropis Menantang Winter di Cappadocia – aymentari

5. ya ampunnn, aku bersyukur banget nemu blog kakak. makasih banyak, kak 🙂
      aku susah banget nemu itin sedetail ini, karena mostly orang orang pake travel buat ngatur tripnya.
      aku bakal jalan sendiri, wish me luck ya kak!

6. Pingback: 12 Jam di Selcuk — Keliling Ephesus dan Panen Jeruk! – aymentari

7. Hai. Makasih ya sudah sharing experience waktu ke Turki. By the way, mau tanya nih selain mata uang lira, mereka lebih open terima mata uang euro atau dollar ya? Hehe krn rencana aku ngga akan tukar uang lira dr Indonesia, jadi langsung gestun disana.

1. hello, terimakasih sudah mampir, maaf ya baru respon.
        sejauh yang aku tahu, cuma di daerah padat turis kaya cappadocia yang terima tiga mata uang itu. kalo di daerah kota lainnya, bahkan ankara cuma terima lira aja.
        istanbul sepertinya dollar sama lira masih bisa, sih.
        saranku mending tukar di indo, soalnya banyak yang ngga terima rupiah.

8. Hai Kak. terimakasih untuk info ini sangat berguna. kak kalau penyewaan motor di cappadocia kakak sewanya dimana (namanya apa) terimakasih kak

9. Hi Mbak,
      Thanks for sharing, informasi ini sangat bermanfaat buat saya yang rencana ke Turki tanpa tour. Salam kenal, Mbak. Mau tanya dari pengalaman mbak, apakah bisa ambil lira dengan kartu kredit di seluruh atm di turki? Jika tidak, apakah mudah cari penukaran lira di Indonesia? Dan apakah mbak atau rekan rekan yang mampir di sini punya informasi, jika ingin berkunjung bulan ramadhan apakah restaurant tetap buka dan tourist tetap diijinkan makan di tempat?
      Terimakasih sebelumnya.

1. haloo, salam kenal juga. thank you sudah mampir, glad that it helps 🙂
        well, aku kemaren tarik uang di 2 atau 3 atm gitu, jatuhnya lebih mahal karena ada biaya admin dan kursnya beda. tapi kalau bayar cashless lebih gampang, paling cuma beda beberapa aja dari kurs di gugel.
        kalau mau tukar di indo menurutku akan gampang banget kalau di kota besar, kata temen di pusat valas jakarta lebih murah dari yg laen.
        kalau soal ramadhan, belum bisa jawab sih, mungkin bisa gugling aja cari berita soal ini.
        semoga lancar yaa liburannya. have fun!

10. halo ka, mau tanya kalau untuk visa, turki free atau tidak? mau ke sana tp bingung ngurusin printilan visa dan segala macamnya skrg, krn covid peraturannya byk berubah2 hehehe. terima kasih ka hehe

1. halo, thank you sudah mampir.
        untuk visa dan karantina aku kurang tau ya update info terakhir kaya gimana. kalau kemaren pas aku berangkat kebijakan free visa udah keluar tapi masih belum berlaku. kalaupun masih harus pakai, tinggal apply online aja, kok, dan cepet banget jadinya.
        transit di dubai ngga kena transit visa asal ga keluar bandara.

11. Hi Mba makasih sudah sharing,
      Kalau boleh minta info, imigrasi di bandara Istanbul butuh berapa lama? Saya lihat di detail itenerary, ada range waktu 5 jam dari mendarat di istanbul, sampai terbang lagi ke nevsehir. Terimakasih sebelumnya

12. hallo kak , maaf mau tanya itu yang kakak ke turki kan tiket pesawat nya dapet harga promo ya kalo boleh tau cara nya gimana ya kak untuk mendapatkan harga promo seperti itu , mohon bantuannya ya kak dan terimakassih sebelumnya 🙏🏻

13. Mau nanya..itu taksinya taksi argo apa taksi online ?
      Tiket teleferik segitu sdh sampai puncak atau sampai di bukit tempat observasi ?
      Hotelnya pesen di OTA sebelumnya atau langsung check in tanpa pemesanan terlebih dahulu ?

1. halo, kemaren pakenya taksi argo karena gampang dapetnya di mana aja ada. kalau buat tiket teleferik itu sampai di pos terakhir aja, kalau mau ke puncak sepertinya akan beda transportasi. sedangkan buat hotel semua udah dipesen sebelum nyampe turki karena pas itu harus isi dokumen dan mencantumkan tempat tinggal selama di sana.

1. mohon tanya kak , untuk dokumen apa yang harus di isi? arrival card? atau semacam nya, dan dokumen apa aja yang di butuhkan ketika indo-turky selain pasport

14. Pingback: Istanbul Sebagai Penutup dan Beginilah Rasanya – aymentari

1. haloo, syukurlah bisa membantu. well, itu ngga salah lihat harga, kan mba? coba cek langsung di website maskapainya. aku barusan coba liatdi turkish ngga sampai 1 juta kok pakai kurs sekarang. ssemoga beruntung!

1. hi there! thank you, semoga bisa membantu blognya 🙂
        tapi sepertinya lira lagi ngga tinggi banget sekarang, lebih murah dari nilai tukar pas aku berangkat kemarin. semoga dipermudah rejekinya, ya, biar bisa maen ke turki!

15. hi Mbak, saya ingin tanya waktu mbak naik pesawat domestik IST ke NEV saat itu ambil flight yang jam berapa?karena saat saya check Turkish airlines, hanya ada 2 flight yakni pagi dan malam. Jika malam, apakah airport shuttle nya masih tersedia dan dr tempat pemberhentian di kota Nevsehir ke hotel apakah kondisinya aman? Terimakasih atas sharingnya yang sangat detail.

1. halo!
        aku kemarin flight jam 19.30 sampai di nevsehir jam 20.40. kebetulan aku kemarin airport shuttle udah sekalian pesen dari hotel, jadi pas nyampe udah langsung dijemput dan dianter ke hotel. kalau untuk transport umumnya jujur aku kurang tau, mungkin ada seperti taxi gitu, cuma karena pas itu lagi musim dingin jadi jam segitu udah sepi banget. better daripada bingung langsung pesen dari hotel aja.
        semoga lancar yaa tripnya!

16. Selamat malam, saya rencana ke turki, berdua dgn istri saya, mau nanya untuk sewa mobil private bisa ? Biasanya hubungi dimana ? Kemudian untuk taksi aman2 ? Atau bahaya ?. Terimakasih

1. halo, kalau buat mobil saya kurang tau sih soalnya belum coba. tapi sepertinya bisa langsung sewa kalau udah di sana aja, deh, biar lebih aman. atau kalau bingung bisa coba tanya ke resepsionis hotel, they are helpful.
        kalau buat taksi insyaa allaah aman, kemarin ngga ada pengalaman kena scam atau apapun.
        semoga lancar yaa tripnya…

17. hi kak… kebetulan aku mau ke turki akhir November ini, terbantu banget dengan blog nya. Dan itu Tiket beda banget ya kalau pake traveloka atau turkey airlines langsung untuk Tiket ke Nevsehir, BTW kalau pesen Tiket langsung du turkey airlines, Aman gak ya kak? ribet gak? makasih kak

1. halo, terimakasih sudah mampir, happy to know that it helps you.
        jujurly untuk update tiket aku kurang tau sekarang kaya gimana. mungkin kalau beda harga karena pengaruh kurs juga.
        seingetku waktu itu aku beli langsung di turkish airlines, aman dan gampang kok, asal ada kartu kredit buat bayarnya ehehe.

semoga lancar yaa travelingnya november besok!

18. Hi kak, saya sangat terbantu sekali dengan vlog ini. Kalo boleh tau nama tempat untuk penyewaan motornya apa yah pas di cappa? Ato pihak hotel menawarkan langsung? Dan apakah kaka tau nama lokasi tempat penerbangan balon udara di cappadocia?

1. hi! thank you for reading my blog.
        nama tempat sewa motornya kalau ngga salah hitchhiker, agak lupa juga sih karena ngga sengaja liat di pinggir jalan gitu. kalau untuk lokasi tempat terbangnya aku kurang tau, karena kemaren cuaca ngga mendukung buat terbang jadi either ngeliat doang atau ngerasain juga ngga bisa ehehehe