mie aceh leupung

Kuliner Aceh: Ngga Usah Dicoba, Bikin Kangen

Dulu sempat ragu sebelum berangkat, menyoal kuliner Aceh apa aja yang harus dicoba. Trus liat-liat referensi kok kayanya banyak banget macem rempah-rempahnya. Takut ngga cocok karena masih kebayang rasa Nasi Kandar pas ke Penang dulu. Sekarang, pas udah balik lagi ke Jawa, OMG I AM CRAVING FOR THESE FOODS. Dua minggu lebih aku keliling Aceh.…

tanah gayo takengon

Tanah Gayo Ternyata Bukan Sebatas Kopi

Maksud hati hendak ke Medan, tapi apa daya Tanah Gayo lebih memungkinkan. Tanpa referensi apapun dan tujuan yang jelas, akhirnya mantap buat eksplore Takengon, Aceh Tengah. Dan, tempat ini di luar dugaan! Dari Lhokseumawe ke Takengon Perjalanan dimulai pagi hari sebelum jam 11, menghindari mendung yang biasanya sejak siang sudah rajin menggantung. Perkiraan perjalanan adalah…

pantai lampuuk

Mengenang 15 Tahun Tsunami Aceh

I know nothing about Aceh but the great disaster of Tsunami Aceh. Desember 2019, tepat 15 tahun peringatannya, aku berkesempatan mengunjungi Negeri Serambi Mekah ini. Secara otomatis semua tempat menjadi pemicu rasa penasaranku tentang kedahsyatannya. Lagi-lagi merinding, ngga nyangka dan sungguh di luar bayangan ketika secara langsung menyaksikan napak tilas bangunannya. Inilah beberapa tempat yang…

Bukit Lamreh

Bukit Lamreh – Menyusur Pantai Mendaki Bukit

Hari keempat di Aceh masih belum jauh dari cerita pantai dan bukit, Bukit Lamreh ini contohnya. Karena ya emang se-effortless itu untuk bisa chill di pinggir pantai sambal minum es kelapa. Iming-imingnya cuma satu, ini lho tempat pernah buat syuting MTMA. Bhaiq, mari kita let’s go! Jalan Mulus Bebas Hambatan Perjalanan dengan menggunakan sepeda motor…