Tak lengkap rasanya kalau ngopi tanpa ada jajanan Aceh yang melengkapi di meja. Oh, atau ngga lengkap juga kalau keliling kota tapi ngga coba makanan yang banyak banget di pinggir jalan. Pokoknya ini pas banget kalau lagi ngerasa pengen memamahbiak tapi ngga pengen kenyang banget.

Tapi kalau mau cari makanan yang bikin kenyang tapi yahuud mampir lah ke sini. Yakin, ngga akan nyesel!

Rujak Buah Blang Bintang

Ini adalah makanan pertama yang masuk ke perutku setelah mendarat di Aceh sore-sore. Karena lokasinya deket bandara, di daerah Blang Bintang ā€“ ini lokasi yang terkenal guys ā€“ kami mampir sekalian pulang. First thing first, lokasinya juara! Pinggir sawah, dengan angin semilir, duduknya lesehan di semacam gubuk gitu. Berasa throwback jaman kicik dulu suka keliaran di sawah hehehe. Dari lokasi ini pesawat lepas landas masih bisa keliatan. Udah bisa dibayangin kan gimana pewe-nya tempat ini.

rujak blang bintang

Kalo ngomongin rujaknya, dibandingin sama rasa rujak buah di Jawa Timur, spesifiknya, bumbunya yang berasa beda. Mereka masih pakai buah rumbia yang baru pertama kali aku lihat di sini. Eh, tapi gatau deh yang aku makan ini pake atau ngga. Saking penasarannya pernah nyoba buah rumbia yang masih mentah, dan yak pahit haha. Lucunya, mereka kasih cabe ijo utuh khas gorengan di atas mangkok. Buahnya juga dipotong kecil-kecil gitu, sekali sendok langsung mix. Enak, very refreshing!

buah rumbia
buah rumbia

Martabak Mesir Kiban Hawa

Jajanan Aceh kedua yang aku coba adalah martabak mesir. Baru tahu kalau ternyata sedikit beda sama martabak telur biasanya. Salah satu yang luwarbiasa enak adalah Kiban Hawa Martabak, lokasinya ada di Kuta Alam. Ini rame banget tempatnya, harus sabar antri.

kiban hawa
harap sabar ini ujian antrian
martabak mesir

Kemaren sempet pesen yang special isi daging sapi, ayam, dan jamur. Murah meriah euy, cukup bayar 35k. Sumpah tebel banget ini. Dan, yang bikin tambah endeus, makannya pake kuah. Semacam kuah kari tapi ngga sekuat kari rasanya. Karena udah sampe di tempat ini, sekalian pesen yang terang bulan isi coklat keju. Harganya juga sama. Meleleeeh dalam mulut ehehehe. Sayang banget kalo ke sana tapi ngga cobain ini.

Martabak Durian Samudera Pasee

jajanan aceh martabak durian samudra pasee

All the way to Geudong from Lhokseumawe for about 1-hour untuk makan Martabak Durian Samudera Pasee. Martabak durian pertama yang jangan sampe pesen satu doang kalau di sana. Well, at least coba dengan tambahan menu durian lainnya. kalau ngerasa jauh banget ke Aceh Utara, bisa coba di Banda Aceh daerah Blang Oi.

martabak durian

Jangan underestimate dari penampilannya. Kecil emang, keliatan ngga menjanjikan dan kesannya mahal. Udah kecil 15k lagi kan. Eh tapi kalo udah dipotong, isinya daging durian semuaaa. Rasanya pengen makan dikit-dikit biar ngga rugi udah jauh-jauh ke sana, lama antri, eh makannya cuma satu kedipan doang. Pokoknya wajib banget apalagi kalo kamu hobi sama yang namanya durian.

jajanan aceh martabak durian

Jajanan Aceh Salak Pliek U

If you stroll around the city, there will be lots of street foods along the road. Salah satunya ya ini, salak pliek u. Di kepalaku ya bayanginnya buah salak, tapi ngga tau pake bumbu apa. Ternyata pliek u adalah semacam rempah yang dibuat dari kelapa yang diparut kasar trus dijemur. Pas dicampur salak ini dikasih campuran gula, cabe, dan garam.

salak pliek u aceh

To be honest, rasanya aneh di mulutku. Coba beberapa gigit dan aku menyerah. Ditambah lagi bau kelapa yang dikeringkan, not my favorite. Bumbu pliek ini bukan hanya dipake di salak, tapi juga dipake buat masak, semacam gulai.

Puloet Panggang + Durian

Pernah tau ketan bakar gitu, kan? Nah mirip banget emang sama ini. Pertama liat aku kira puloet ini semacam otak-otak. Ukurannya kecil, dibungkus daun, dan dibakar. Oh, tapi ternyata salah pemirsa. Rasanya tawar, ngga gurih dan ngga manis. Murah ini, seribuan doang satu.

puloet

Kalau beli di pinggir jalan mereka ya cuma jual puloet ini aja. Tapi sayang banget kalau makan ini ngga pake cocolan durian. Wah seriusan ini enak banget! Pengen lagi, hiksss. Beli duriannya terpisah yak haha.

Bulukat Srikaya

Salah satu camilan baru yang kutemui di Aceh adalah ini, bulukat srikaya. Jadi bulukat sendiri artinya tuh olahan beras ketan. Karena ditambahin buah srikaya yang udah dimasak di atasnya, makanya namanya bulukat srikaya, gituuu~

jajanan aceh bulukat srikaya

Ketemu makanan ini pas di warung kopi. Jadi kalau di sana sambil ngopi tuh di meja pasti disajikan macam-macam kue basah sebagai pendamping kopi. Tinggal pilih mau nyemil yang mana. Iā€™m not a fan of sweet food, tbh. Tapi kalau buat yang ini gapapa nyoba, kapan lagi kan buat bisa ke sini. Rasanya ya emang manis, cukup coba satu biar ngga eneg.

Kurang banyak ya rasanya rekomendasi jajanan Aceh yang bisa dicoba. Semoga bisa ke sana lagi dah, biar nanti tulisannya ke-update.

1 thought on “Jajanan Aceh yang Enak Banget Buat Camilan

Leave a Reply