Skip to content

Labuan Bajo Cantiknya Ngga Pernah Gagal!

Kalau ngomongin soal Pulau Komodo atau Labuan Bajo pasti semua orang tahu lah, ya! Apalagi dengan wacana tiket yang mahal banget dan beruntungnya ditunda entah sampai kapan. Makanya mumpung belum terlaksana peraturannya, gih berangkat! Seriusan, at least for once in a lifetime, kamu nggak akan menyesal sama sekali karena memutuskan nabung untuk bisa ke sana.

Sini aku bocorin berapa duit yang harus kamu punya!

Hal penting sebelum menikmati indahnya tempat ini tentu saja memilih transportasi apa yang kita pakai untuk bisa mendarat di Labuan Bajo dengan selamat (insyaa allaah aman sehat sentosa ehee~) dan ngga boncos. Pertama pikirin dulu waktu yang kamu punya. Kalau ada waktu cukup banyak dan ingin lebih hemat, bisa banget pakai kapal laut dengan pilihan harga yang beragam. Aku ngga bisa kasih testimoni soal ini karena belum pernah coba, guys. Tapi dari info sekilas yang aku baca range harganya di sekitar puluhan hingga ratusan ribu dengan waktu tempuh sekitar dua hari dari Surabaya. Pilihan lainnya sepertinya yaa nyebrang dari Banyuwangi ke Bali baru ke Bajo. Semangat cari infonya!

Cara lain yang paling efektif, cepat dan butuh lebih banyak budget adalah tentu dengan pesawat. Tenang, ada pilihan dari yang low cost sampai yang mahal seperti Garuda Indonesia. Balik lagi ke budget masing-masing dan harus rajin cari promo!

Setelah mendarat dengan aman di Labuan Bajo, pengeluaran lain yang harus dipertimbangkan adalah penginapan. Tunggu, sebelumnya aku mau jelasin dikit konsep main di Labuan Bajo kaya gimana biar perencanaan kamu lebih enak. Jadi, guys, foto-foto cantik Labuan Bajo yang muncul pas kamu ketik di mesin pencari adalah tempat-tempat yang bisa kamu datangi dengan akses perahu, alias island hopping.

Jadi kalau di Labuan Bajonya sendiri, di pulau besarnya, menginap satu malam dan keliling satu hari naik motor juga cukup banget untuk tahu seluk beluknya. Tinggal pilih mau sehari sebelum atau sesudah ikutan trip living on boat (LOB). Tenang, aku jelasin abis ini ehehe. Alright, balik lagi ke penginapan, selalu ada banyak pilihan harga dan fasilitas yang bisa dijadikan pilihan. Aku kemarin, sih, keluarin uang sekitar 300 ribuan/malam untuk 2 orang di dua tempat yang berbeda. Satu yang dekat bandara dan satu lagi dengan view pelabuhan dan laut.

Hal ketiga dan sebagai pengeluaran terbesar adalah sailing trip. Inget, ya, konsepnya adalah island hopping dan ini satu-satunya cara untuk menikmati kepulauan di Labuan Bajo. Pilihannya ada dua; living on boat alias bobo di perahu atau oneday trip tanpa nginep. Kalau kamu hanya punya waktu satu atau dua hari untuk menikmati Bajo, the latter is good for you. Ehem, tapi tolong dipertimbangkan ulang, mosok ya udah jauh ke sana trus ngga mau sekalian nikmatin destinasi lain yang SUMPAH KEREN PWOL! (tulisan terpisah ya soal destinasinya).

sailing trip

Nah, soal sailing trip ini pada dasarnya ada dua tipe utama yaitu private dan open trip. Kalau private berarti kamu sewa satu perahu buat dipake keliling di hari, destinasi dan durasi yang bisa kamu tentukan sesuka hati. Harganya cek sendiri, deh, biar ngga kaget eheheh. Mau murah dan private? Yaudah tinggal kumpulin orang selusin buat share cost. Kalau ngga ada orang sebanyak itu buat diajakin, caranya tinggal ikut open trip. Untuk trip yang satu ini berarti kamu nginap satu perahu sama orang baru, dan bayar untuk sewa satu kamar doang. Dari sini udah mudeng, kan?

Oke, sekarang kita bahas berapa harga yang harus dibayar untuk sailing trip. Kalau kamu cari di mesin pencari ataupun media sosial lainnya, akan ada banyak sekali agen yang menawarkan trip ini, guys. Plis, cek berkali-kali! Jangan hanya tergiur harga murah tapi ujung-ujungnya kena scam alias tipu-tipu. Harga yang bervariasi itu didasarkan pada jenis kapal yang dipakai, durasi trip, dan fasilitas yang didapat. Yang paling umum sih, trip ini akan memakan waktu 3-4 hari. Semakin lama ya tujuannya juga akan semakin banyak. Ohya, open trip ini pasti ada setiap weekend, berangkat Jumat dan balik Minggu.

Dari dua sampai tiga agen perjalanan yang aku intipin dan kepoin, rata-rata harga yang mereka tawarkan dimulai dari sekitar 2,5 juta/orang. Iyaa, ngitungnya per orang bukan per kamar. Harganya akan semakin mahal kalau kamar yang kamu pilih lebih bagus dan strategis. Contoh gampangnya, aku kemarin ambil paket harga 2,5 juta per orang dengan kamar double bed private di bagian dek bawah. Di satu perahu itu ada juga yang kamarnya di dek atas, ada yang pakai single bed tapi sharing sama orang lain dan macem-macem. Pokoknya banyak banget pilihannya tergantung dari besar kecilnya kapal yang ditawarkan. Bahkan ada juga kamar yang cantik dengan view laut lengkap dengan bathtub. But, hey, ngapain ngabisin duit buat mandi di bathtub kalau nyebur langsung di laut jaauhhh lebih menggoda?

Apalagi yaa yang bisa dibahas soal Labuan Bajo? Ohya, soal harga makanan aja, deh. Kalau kamu penasaran, rata-rata harga makanan di sana adalah standar tempat wisata. Tapi menurutku worth it dengan rasa dan kualitasnya. Salah satu contohnya, kalau kamu pergi ke Kampung Ujung, pusat seafood di pinggir dermaga, harganya berkisar antara 30-100 ribu ke atas. Iā€™d say that seafood mereka enak. Aku beli kerapu juga lembutnya pake banget dan harganya masih di sekitar 50 ribuan. Begitu juga dengan beberapa kafe yang menawarkan pemandangan cantik, harganya pasti lebih mahal dari standar kafe pada umumnya. Cara biar hemat adalah untuk sarapan pergi aja ke Kampung Ujung situ, tapi beli makanan di sebelah kiri jalan. Ada banyak pilihan nasi bungkus 10 ribuan dan jajanan pasar harga 2 ribuan.

Hal terakhir adalah sewa motor di Bajo. Ada banyak penyewaan sepeda motor di sana, harganya 100 ribu/hari. Ada yang langsung datang ke tempat sewa, tapi ada juga yang bisa antar jemput. Ini aku kasih kontaknya yang bisa antar jemput tanpa tambahan biaya.

Prinsip traveling yang selalu aku pegang adalah, akan selalu ada cara untuk hemat budget asal bisa pergi ke tempat yang aku mau. Tentu saja dengan menikmati makanan yang enak juga. Kuncinya satu: harus ada prioritas dan plis kalau bisa share cost.

Sepertinya sudah semua aku spill untuk urusan budget ini. Kalau ada yang kelewat dan mau ditanyain, silahkan langsung ketik di komentar, ya!

Selamat menabung dan menikmati Labuan Bajo yang indah!

Leave a Reply