Pencarian kuliner Semarang belum berakhir setelah dari mangut belut terkenal. Masih mengandalkan Google Maps, aku berhasil menemukan beberapa makanan yang tak mengecewakan. Ohya, di postingan sebelumnya aku sempat bahas kalau Semarang penduduk Tionghoanya lumayan banyak. Mau ngga mau aku teliti bener sebelum pergi ke tempat makan tertentu, you know why. Akhirnya pilihan jatuh ke beberapa tempat berikut ini.

Nasi Ayam Bu Nyoto yang Legendaris

Makanan legendaris sejak tahun 1970-an ini memang layak masuk daftar kuliner wajib ketika ke Semarang. Bukan warung, restoran apalagi kafe. Cukup tenda kecil di dekat pertigaan Jl. MT. Haryono daerah Peterongan. Nasi Ayam Bu Nyoto selalu ramai diserbu pembeli setiap pagi dan malam. Kalau mau ke sini buat sarapan, jangan datang mepet jam 10, udah pasti habis. Tapi, kalau mau ke sini pas malam, boleh tuh merapat mulai abis magrib sampai sekitar jam 9 malam. Dalam hati aku udah seneng banget, makanan pinggir jalan tapi terkenal, pasti ada yang beda.

Kuliner Semarang Nasi Ayam Bu Nyoto
Tenda Nasi Ayam Bu Nyoto

Pilihan Menu dan Rasa

Masuk ke tenda udah ramai yang antri, beberapa sedang menikmati makanannya. Aku langsung mendekat ke penjual dan memesan. Pilihannya mau yang pedas atau ngga. Udah pasti pilih pedes dong, ya, 2 porsi. Eits tenang, bukan buat aku semua. Satunya buat mamak Renny andalancu. Pesan lengkap pokoe, lah. Dengan pincuk dari daun pisang, satu porsi isinya beragam. Nasi, ayam suwir yang mayan gede, telur, tahu, sayur pepaya dan tentu saja siraman kuah opor. Nah ini yang membedakan pedes sama ngga, dari kuahnya. Personally, karena suka pedes aku ngerasa ini ngga begitu pedes. Kalau mau ya boleh lah itu cabe di pencet-pencet biar tambah endolita.

Nasi Ayam
Nasi Ayam Lengkap

Overall, enak! Porsinya memang pas banget segitu, ngga banyak dan ngga dikit. Oya, kalau mau nambah lauk ada banyak pilihannya. Usus, ati ampela, telur puyuh dan tentu saja gorengan favorit kita semua.

Harganya Berapa, sih?

Satu porsi lengkap Nasi Ayam Bu Nyoto ini harganya sekitar IDR 18k. Mahal? Hemm lumayan sih, tapi karena ada ayam dan telur boleh lah ya harga segitu. Trus untuk lauk tambahan harganya 5k per tusuk. Kalau gorengan ya cukup bayar 2k per biji. Kenyang syekali dah itu, per orang ya rata-rata abis 25k. Cobain gih biar ngga penasaran kalau lagi ke Semarang.

Kuliner Semarang Soto Ayam Kudus Mbak Lin

Kuliner berikutnya yang masuk rekomendasi adalah Soto Kudus Mbak Lin. Gimana bisa nemu tempat makan ini? Simply, karena cari makan yang searah dengan Masjid Agung Jawa Tengah. Oprek-oprek Google Maps dan ketemu, deh. Untuk bisa ke sini adalah sebuah perjuangan. Bukan mau nyalahin mbah gugel yang ngga bisa memandu ke jalan yang benar, tapi emang ada yang salah dari cara baca petaku hehe.

Lokasi yang Nyempil tapi Nyaman

Lokasinya ada di Ventura Taman Kuliner, masuk ke dalam gitu, jadi ngga keliatan dari jalan raya besar. Berkali-kali melewati jalan yang sama sampai keluar masuk perumahan belum ketemu juga. Hampir menyerah tapi beruntungnya kepikiran untuk coba masuk ke taman kuliner ini. Akhirnya ketemu juga, perjuangan di tengah panasnya Semarang terbayar dengan semangkok Soto Kudus Mbak Lin yang nikmat.

Lokasi Soto Kudus Mbak Lin
Soto Kudus Mbak Lin

Dari tempatnya udah kelihatan kalo emang sering banget jadi tujuan makan banyak orang. Luas, rapi, dan bersih. Masing-masing, aku dan Renny memesan soto mangkuk kecil. Kami memilih tempat duduk paling strategis dengan lauk paling lengkap di mejanya hehehe. Belum juga makanan dihidangkan, kami sudah sibuk buka-buka dan mengincar lauk mana yang mau diambil. Kalap sebelum waktunya.

Makan Enak Murah Meriah

Makanan datang. Kuah soto khas dengan santan ditambah taburan bawang goreng yang melimpah sudah tak bisa mengendalikan rasa laparku. Langsung santap dan enak kaliiii, seger banget. Tambah racikan jeruk nipis dan sambal udah paling cocok disantap kapanpun. Comot perkedel, ambil lagi sate ayam, kerang dan telur puyuh, nambah lagi paru goreng yang kriuk itu, tak lupa kerupuk. Endeeuussss! Meskipun perut masih sanggup menampung lauk pauk yang lain dan tangan masih gatel pengen comot sana sini tapi dompet semakin susah terbuka wehehe.

Kuliner Semarang Soto Ayama Kudus

Akhirnya kami memutuskan menyudahi dan segera bayar ke kasir. Semangkok soto kecil ini murah, guys, IDR 8,5k. Kalau mau pesan yang besar tinggal tambah 1500 doang. Yang bikin mahal ya tambahannya yang segunung itu. Setusuk sate harganya 4k, perkedelnya 1500, dan paru gorengnya 6500. Wah kalo paru ini wajib banget diambil, gurih dan kriuk banget!

Paru Goreng
Paru Goreng
Sate Ayam dan Telur Puyuh
Sate Ayam dan Telur Puyuh

Ngga ada hentinya emang kalau ngomongin kuliner Semarang, tapi dua rekomendasi legendaris ini jangan sampai ngga masuk ke daftar buat dicoba, ya. Ngga bikin bangkrut (asal mata dan tangan bisa dikendalikan hehe) dan yang pasti bisa banget buat dikunjungi yang kedua kali, ketiga, atau berapa kali ketika balik lagi ke sana. Ada rekomendasi lain?

Leave a Reply